Olahraga lari

AYO BEROLAHRAGA......





Olahraga ini mungkin tidak asing lagi bagi kita,karena olahraga ini sering kita lakukan kapanpun karena sangat mudah dan tidak ribet dan tanpa alat juga jadi sangat mudah dilakukan. Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja.

Nah sekarang kita lihat dulu manfaat lari untuk kesehatan
.
Dari  alodokter.com
Olahraga lari Selain dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh, lari juga memiliki manfaat lain yang secara langsung dapat memengaruhi beberapa bagian tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat lari bagi tubuh.
1.     Mengurangi berat badan
Olahraga lari dapat memicu pembakaran kalori dalam tubuh Anda. Banyaknya kalori yang dibakar dipengaruhi oleh seberapa cepat dan seberapa jauh jarak lari Anda. Meski banyaknya kalori juga dipengaruhi oleh faktor lain misalnya berat badan, tapi setidaknya dalam jarak 1,5 km Anda dapat membakar kurang lebih 100 kalori dari dalam tubuh.
2.    Baik bagi kesehatan lutut
Melakukan olahraga lari dapat berperan pada lutut yang sehat, bahkan pada penderita arthritis sekalipun. Studi menunjukkan bahwa mereka yang melakukan olahraga lari dapat menurunkan risiko arthritis pada lutut dan pinggul, serta merangsang pertumbuhan tulang rawan pada lutut.
3.    Mencegah osteoporosis
Olahraga lari dapat memicu pembentukan sel-sel tulang baru. Hal ini yang membuat tulang Anda menjadi lebih kuat dan dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis di kemudian hari.
4.    Mengurangi risiko jantung koroner
Berlari lebih dari 16 km per minggu setidaknya bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh Anda. Manfaat lari lainnya yang bisa Anda dapat yaitu, berkurangnya kadar trigliserida dan lemak dalam tubuh. Dan jika Anda bisa meningkatkan jarak lari hingga 80 km per minggu, Anda akan mengalami peningkatan HDL yang signifikan.
Penelitian menunjukkan mereka yang melakukan olahraga lari teratur dan lebih dari 50 menit dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain melakukan olahraga teratur, Anda perlu menunjangnya dengan makanan yang sehat dan gaya hidup yang sehat.

Nah itu salah satu manfaat dari olahraga lari dan masih banyak lagi manfaat lain untuk kesehatan tubuh kita. Maka lakukanlah olahraga lari ini secara rutin,minimal 2 kali seminggu.

.

Jadi tunggu apalagi ayo kita berolah raga…………  :-)





# pendidikanMoralKarakter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kalimat "La tahzan "